Minggu, 30 Januari 2011

Tips Merawat Kulit Wajah dengan Buah Alami

Setiap perempuan pasti selalu ingin menjaga kecantikannya tetapi terkadang kesibukan beraktivitas membuat mereka melupakan untuk merawat kecantikan wajah dan tubuhnya. Kondisi ini berakibat beberapa bagian tubuhnya menjadi terlihat kusam dan tidak terawat.
Merawat kulit khususnya pada bagian wajah agar tampak cantik bisa dengan masker, baik yang buatan ataupun secara alami. Tampil cantik memang membutuhkan alat perawatan yang harganya lumayan mahal tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukan perawatan dengan cara lain yaitu secara alami. Anda bisa lakukan perawatan kulit dan wajah dengan menggunakan masker wajah alami dari berbagai jenis buah-buahan, simak berikut ini.

1. Buah strawberry banyak mengandung asam salisilat yang merupakan salah satu jenis asam beta-hidkroksi yang membantu mengencangkan kulit, silica serta vitamin B, C, E dan K. Karena kandungan dalam buah ini mampu menyehatkan dan meremajakan kulit sehingga sangat cocok untuk gunakan pada semua jenis kulit. Caranya adalah hancurkan strawberry lalu usapkan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilaslah dengan air bersih atau air hangat. Untuk mendapatkan efek toning yang lebih kuat maka anda bisa tambahkan sedikit putih telur yang sudah dikocok. Tambahkan juga satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak esensial frankincense.

2. Alpukat banyak mengandung zat asam amino dan vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah. Bila anda memiliki kulit wajah kering maka anda lumatkan alpukat dengan garpu lalu oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas. Tetapi bila anda memiliki kulit normal maka anda bisa tambahkan putih telur yang dikocok sebentar. Sedangkan bagi anda yang memiliki kulit lembab maka anda bisa tambahkan dengan madu lalu aduk rata dengan alpukat yang sudah dihaluskan dan putih telur yang sudah dikocok.

3. Semua jenis anggur yang warnanya berbeda dapat digunakan untuk lotion karena anggur banyak mengandung trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C dan senyawa-senyawa flavonoid. HYang perlu anda ingat adalah jus anggur yang telah dihaluskan sebaiknya anda saring terlebih dahulu. Setelah itu oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air mawar. Anda bisa gunakan lotion anggur setiap hari karena baik untuk hampir semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, lembab ataupun kulit yang rusak.

4. Lemon banyak mengandung vitamin A, C, B1, B2 dan B3 dan sangat cocok untuk kulit berminyak tetapi lotion-nya juga bekerja efektif pada kulit normal sehingga bisa anda kenakan setiap hari. Tambahkan satu sendok teh jus lemon pada putih telur kocok. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.

5. Khasiat dari buah pepaya banyak sekali dari mulai daun hingga getahnya. Pada daun pepaya mengandung enzim papain, alkaloid karpaino, psudokarpaina, glikosid, karposid dan saponin, sakarosa, dekstrosa serta levulosa. Sedangkan buahnya mengandung karotena, pectin, dgalaktosa, I-arabinosa, papain, papaya, timin papain dan fitokinase. Biji pepaya mengandung glucoside, cocirin dan karpain. Sementara getahnya mengandung papain, kemokapain, lisosim, lipase, glutamin dan sklotransferase. Bila anda ingin menghilangkan jerawat maka anda bisa mengambil 2 hingga 3 lembar daun pepaya tua, jemur sebentar lalu tumbuk halus. Tambahkan satu setengah sendok air lalu gunakan sebagai bedak pada wajah yang terkena jerawat.


6. Bila anda ingin menghaluskan wajah maka anda bisa mengambil tomat yang sudah matang lalu iris dan gosokkan pada wajah anda. Hal ini dilakukan karena tomat mengandung protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Atau anda bisa memeras buah tomat lalu air perasan tersebut anda oleskan pada wajah setiap hari yang berfungsi sebagai pelindung dari sengatan matahari. Alternatif lain anda bisa mengambil daun tomat secukupnya lalu remas-remas dengan sedikit air. Setelah itu oleskan pada wajah yang berfungsi sebagai penyejuk wajah.

7. Pisang. Kandungan serotinin, pektin, tanin, noradrenalin, 5 hidroksi tritamin, dopamin, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks dan C bisa anda dapatkan dari buah pisang sehingga berfungsi sebagai pelembab kulit wajah. Caranya adalah mengambil pisang ambon yang sudah masak lalu hancurkan dan tambahkan minyak zaitun. Gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai bedak.

8. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung chavicol dan betlephenol yang memiliki daya antijamur, antioksidasi dan mematikan kuman. Untuk menghilangkan jerawat maka anda bisa menghaluskan 4 hingga 6 lembar daun sirih hingga halus dan gunakan sebagai bedak kompres. Lakukan perawatan ini setiap malam hingga jerawat anda hilang dari wajah anda.

9. Terakhir adalah buah jeruk nipis yang banyak mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat. Irisan jeruk nipis mampu mencegah keriput dan anda bisa mengambil air perasan dari jeruk nipis. Tambahkan satu sendok makan minyak kayu putih dan seperempat sendok kapur sirih lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini sebagai bedak setiap malam agar anda bisa mendapatkan khasiat dari buah ini. Selamat mencoba.

credit: http://www.resep.web.id/tips/kulit-cantik-berkat-buah-alami.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar