Sabtu, 19 September 2009

Manfaat Buah dan Sayuran



BUAH dan sayuran dengan warna-warna yang menggoda tak hanya enak dijadikan camilan sehat. Namun, warna-warma buah pun memiliki kandungan penting untuk kesehatan. Apa saja?


Buah warna jingga


Contohnya buah melon jingga, pepaya, dan jeruk. Zat yang terkandung: betakaroten untuk mencegah penuaan sel (radikal bebas).

Betakaroten dalam tubuh berubah menjadi vitamin A untuk kekebalan tubuh. Vitamin A bagus untuk kesehatan mata.

Buah warna merah

Contohnya stroberi, tomat, jambu biji merah, dan semangka. Zat yang terkandung: antosianin untuk mencegah infeksi dan kanker kantung kemih. Juga zat likopen untuk menghambat kemunduran fungsi fisik dan mental, mencegah pikun, serta bermacammacam kanker.

Sayur warna merah

Contohnya terung, kol merah, dan bayam merah. Zat yang terkandung: pigmen merahnya mengandung flavonoid sebagai antikanker. Warna merah pada kol merah mengandung fitokimia dan vitamin C dua kali lebih banyak dari kol putih.

Buah warna kuning

Contohnya belimbing, nanas, dan pisang. Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan jantung koroner. Sedangkan jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke.


Warna buah hijau

Contohnya melon, alpukat, dan anggur hijau. Buah berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang ampuh menggempur berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah, sedangkan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B kompleks.
Selain itu, juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan seratnya. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik. Contoh sayur berwarna hijau adalah bayam, sawi, brokoli, dan daun singkong.(Koran SI/Koran SI/nsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar