Rabu, 15 Desember 2010

Waktu Senggang ~

Padahal ini lagi minggu nya UAS tapi nyantai banget..
baru liat jadwal uas aja hari ini, ternyata mulai uas hari jum'at dengan ujian audit internal *duuueeeennggg....* kagak siap ane.....
belajar belom sama sekali, padahal dari hari senen juga dirumah aja gak ngapa-ngapain. Malah berleha-leha *Ya Ampuunn sil.. mana katanya mau nyibukin diri sendiri, inget time is money*
Haduuuhhh... jadi ingkar sama omongan sendiri kalo begini jadinya. Abis mau belajar banyak banget godaannya. Pengen ngelakuin ini itu juga gak mood. Ini nih yang harus dibuang jauh-jauh.


Pengen kursus mobil ga jadi-jadi, pengen dateng ke acara yang ada di milis( Nattrek, Sahabat Museum, 1001 Buku) udah telat mulu (pasti kalo buka email dari milis udah telat mulu tanggalnya, heran !! ) dan juga kantong pas-pas an. Jadi gimana dong?? Aduuhhhhh..... ngeluh lagi ngeluh lagi... gak maju" ini mah..

Tapi udah punya list baru di penghujung tahun ini.... engienggg.... saya mau ikut kursus angklung....
hahaha... serius itu, sekarang lagi nyari-nyari tempat kursus angklung yang deket-deket. Kenapa tiba-tiba pengen bisa main angklung?? Ini semua gak terlepas dari rasa nasionalisme saya bener gak ya sebenernya beberapa hari yang lalu baca postingan di salah satu blog yang judulnya "8000 sekolah di Korsel Ajarkan Angklung" Nah lho??? di Korea itu bukan Indonesia. 8000 sekolah?? Coba bayangkan saudara-saudara berapa banyak sekolah yang ada di negeri tercintah kita ini yang mengajarkan kesenian tradisional pada murid-muridnya dan masuk kurikulum sekolah. Saya baca di postingan itu, pemerintah KorSel serius banget mau ngajarin angklung dan hasilnya beberapa waktu yang lalu ada Konser Angklung di Korea yang pastinya di mainkan sama murid-murid Korea. Bangga kah kita?? atau malah harus merasa malu??


Saya bangga tentu saja kalo ada orang asing yang sangat ingin mempelajari budaya indonesia, salah satunya alat musik tradisional ini. Tapi saya malu karena bangsa ini sendiri tidak begitu menghargai budaya nya. Berapa banyak pemuda-pemudi sekarang yang belajar melestarikan budaya asli Indonesia, apapun itu bentuknya. Maka saya tidak heran kalo suatu saat nanti akan banyak budaya asli Indonesia yang mungkin akan punah (tari-tarian, lagu, pakaian, bahkan bahasa). Angklung sendiri memang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada tanggal 18 November 2010. Berangkat dari keprihatinan tersebutlah, saya memutuskan untuk mengikuti kursus angklung sebagai pemudi yang bertanggung jawab untuk melestarikan kebudayaan bangsa. Nasionalisme itu tidak susah dan berat untuk dilakukan kok. Mari kita berangkat dari hal-hal kecil. Misalnya mendukung Timnas Indonesia seperti apapun kodisinya (buakn pas lagi bagus aja), atau memakai produk dalam negeri bagaimanapun kualitasnya, bisa juga dengan berpergian saat liburan ke tempat-tempat yang ada di nusantara ini (bukan malah bangga pergi ke luar negeri) karena Indonesia ini sangat indah seandainya kamu mau melihat ke sekeliling, atau seperti yang saya lakukan ini salah satunya. So gampang kan?? 

Hal kecil itu juga bisa membawa perubahan besar lho.. dan seperti kata salah satu tokoh (maaf, saya lupa siapa) "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budaya nya sendiri"
atau kata Soe Hok Gie yang saya ringkas (maap juga kalo sedikit salah, saya rada lupa) " Nasionalisme tidak bisa tumbuh hanya dari doktrin-doktrin atau pernyataan-pernyataan. Nasionalisme hanya bisa tumbuh dengan mengenal alam bangsa ini...."


tapi... tapi... kenapa jadi ngelantur gini, padahal pengen curhat ketidaksiapan menghadapi uas. 
Wuuuaaaaaaa.... jadi keingetan UAS lagi.......... TT.TT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar