Jumat, 21 Mei 2010

Tentang Tujuan Hidup dan Cita- cita

Apa bedanya tujuan hidup dan cita- cita?? ada yang tau?? pertanyaan ini muncul dari hasil obrolan yang berlangsung di dalam busway semalem setelah pulang kuliah. Ngobrol berdua sama Paska, terus ditengah- tengah obrolan dia nanya "Cil, apa bedanya tujuan hidup sama cita- cita?menurut lo beda apa sama aja?" terus saya jawab "kalo menurut gw sih beda". Tapi bingung ngejelasinnya ke Paska gimana.
Nyampe rumah kepikiran lagi soal itu, sebenernya tujuan hidup sama cita- cita beda apa sama ya?? Dan gw utang ke Paska kalo gw bakal jawab pertanyaanya di blog.
Kalau menurut saya sendiri sih tujuan hidup itu lebih bersifat sesuatu yang berjangka panjang dan gak sebatas hal- hal yang material atau abstrak aja dan juga bukan sesuatu yang ingin kita capai untuk diri kita sendiri aja tapi juga menyangkut orang lain. Misalnya salah satu tujuan hidup gw adalah ingin bermanfaat bagi orang lain atau pingin masuk surga misalnya?? Nah apa yang mau gw lakuin buat tujuan hidup gw yang pengen bermanfaat buat orang lain itu adalah dengan membangun sebuah rumah asuh buat anak- nak terlantar(anak jalanan, anak  yang dibuang sama orang tuanya) *karena gw cinta sekali dengan anak" *. 
Niat gw mau membangun rumah asuh itulah yang disebut cita- cita. Bener gak sih?? Masih bingung dengan jawaban diri sendiri....

Iseng- iseng nyari di google dan nemuin artikel yang menarik dari salah satu blog  http://aniamaharani.multiply.com/journal/item/29   Saya kutip isinya....



"Cita-cita
Barangkali salah satu yang dapat membuat hidup bergairah adalah karena adanya cita-cita. Namun cita-cita hanyalah menjadi angan-angan belaka jika tanpa ada usaha untuk merealisasikannya. Oleh karena itu cita-cita harus disertai dengan keteguhan hati untuk mencapainya. Cita-cita yang luhur harus menjunjung tinggi nilai hidup manusia dan kebahagiaan orang lain. Cita-cita juga harus mengangkat derajat orang-orang yang tertindas dan menyemangati orang yang berkecil hati.

Yap! Dalam membuat cita-cita ideal kita tidak hanya memikirkan hasil untuk diri sendiri namun cita-cita tersebut harus menemukan kebutuhan besar umat manusia. Temukanlah jawaban untuk memenuhinya dan jangan ragu untuk menjawab kebutuhan itu dengan melayani mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu dalam membangun cita-cita harus universal dan sepenuh hati.

Percaya atau tidak, impian yang terus-menerus dihidupi akan menjadi kenyataan. Impian atau cita-cita itu ibarat tanaman. Tanaman itu akan tumbuh terus hingga mencapai buahnya jika kita menyiramnya dan memupuknya dengan rutin. Hal ini berlaku pula dengan impian alias cita-cita.

Tujuan hidup
Salah satu kunci sukses Anda adalah menentukan tujuan. Ada perbedaan antara tujuan dan cita-cita. Cita-cita itu berdimensi jangka panjang. Ketika Anda mencoba meraihnya, cita-cita masih jauh di depan Anda. Tujuan mungkin juga berdimensi jangka panjang namun tujuan ditentukan secara lebih jelas.
Perhatikanlah tiga hal mengenai tujuan:
Tujuan bersifat konkret, langkah-langkah nyata yang dapat dikerjakan
Tujuan dapat diukur sehingga kita bisa melihat kemajuan kita.
Tujuan berhubungan dengan masa tertentu, yakni target yang terikat dengan waktu. Tujuan merupakan sesuatu yang hendak kita kerjakan menurut perencanaan waktu kita untuk mencapai sasaran. Sedangkan sasaran mungkin dicapai dalam waktu tertentu kemudian hari" .


Kalo mau jawaban yang lain Pas, bisa jg baca di blog ini 
http://dhiko.blogspot.com/2010/04/cita-cita-itu.html

p.s. udah gw jawab ya Pas ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar