Kamis, 06 Mei 2010

Knowing about Cassiopeia..

Cassiopeia (diucapkan / kæsi ˌ ː əpi ː ə / Cássiopéia, colloquially / ˌ kæsioʊpiə / Cássiópeia; genitif Cassiopeiae / ˌ ː kæsiəpi. i ː /) adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan ratu legenda dari Ethiopia, Cassiopeia, yang merupakan istri dari Cepheus dan ibu dari Andromeda. Rasi ini adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 yang didaftar oleh Ptolemy



Cassiopeia berisi dua bintang yang dapat dilihat dengan mata telanjang karena termasuk di antara yang paling terang di galaksi. Dua obyek Messier, Messier 52 (NGC 7654) dan Messier 103 (NGC 581) terletak di Cassiopeia. Keduanya merupakan kelompok yang terbuka dan menjadi yang ketujuh paling terang yang dapat dilihat dengan menggunakan teropong.
Keterangan ilmiah bintang ini ditulis oleh Tycho Brahe.


Menurut legenda orang2 yunani, cassiopeia adalah ratu kerajaan ethiopia (atau philistia). Suaminya (yang menurut konstelasi bintang selalu di sebelahnya) adalah cepheus, raja ethiopia.

Cepheus dan cassiopeia punya seorang anak perempuan, andromeda (kalo menurut konstelasi, dia dibawahnya si cassiopeia, pas sebelah pegasus). Cassiopeia mengklaim dirinya lebih cantik daripada bangsa nereids bzw hera. Bangsa nereids merasa tersinggung oleh hal tersebut, karena yang notabene hera adalah istrinya zeus. Akhirnya bangsa nereids mengadu kepada poseidon, dewa laut. Poseidon lantas mengirimkan monster laut, namanya ketos, untuk memporakporandakan ethiopia.
Walhasil, ethiopia porak poranda. Si cepheus lantas minta wangsit dari seorang oracle. Menurut si oracle tersebut, andromeda harus dijadikan tumbal untuk ketos untuk menghentikan kekacauan itu. Akhirnya andromeda diikat di batu karang sebagai persembahan.
Secara kebetulan perseus (menurut konstelasi, pas disebelahnya andromeda), cucunya Akrisios raja kerajaan Argos, lagi berlayar dan kebetulan lagi lewat dekat situ. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama dengan andromeda. Dia lantas berjanji kepada cassiopeia dan cepheus untuk menyelamatkan ethiophia dengan membunuh ketos dengan syarat ia minta dinikahkan dengan andromeda. Mereka (cepheus & cassiopeia) pun setuju.
Baiklah, kata si perseus. Lantas perseus membunuh ketos. Tapi cepheus dan cassiopeia seakan-akan lupa dengan janjinya karena andromeda juga tidak mencintai perseus. Andromeda sebenernya udah punya pilihan lagi, yang namanya Agenor.Pada saat, pesta pernikahan andromeda dan agenor, perseus datang dan mengatakan bahwa cassiopeia dan cepheus tidak menepati janjinya. Lantas, seperti di cerita-cerita pada umumnya perseus diserang oleh bodyguard-bodyguard kerajaan. Tapi memang si perseus jagoan, ditambah lagi dia punya kepala medusa (perseus adalah jagoan yang ngebunuh dan memenggal kepala medusa), dia mengeluarkan kepala medusa di hadapan cassiopeia dan bodyguard2nya dan dalam sekejap mereka berubah jadi batu.

Kenapa tiba- tiba ngomongin tentang Cassiopeia?? karena secara tiba- tiba juga saya kangen ngeliat DongBang tampil berlima.. i miss them so much TT.TT
Dan saya juga baru tau tuh tentang rasi Cassiopeia ini, selama ini taunya cuma Cassiopeia itu bentuknya kayak  huruf W... 

source : http://en.wikipedia.org/wiki/Cassiopeia_(constellation)

2 komentar:

  1. sipp cassie juga ya?? ^^
    aku ijin copas artikelmu ke tumlbr aku ya. hehe
    mari berkunjung :)
    sunshineofme.tumblr.com

    BalasHapus
  2. cassie?
    2016 dan aku masih kangen dengan DB5K

    BalasHapus