Jumat, 02 Oktober 2009

Manfaat si BuahTropis


Di "balik" sebuah pisang, kita bisa menemukan fakta yang mengejutkan. Selain manis dan enak, buah tropis ini juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Bagi wanita hamil, pisang cocok dikonsumsi karena di dalamnya terkandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Untuk para pekerja keras dan yang senang berolahraga, pisang sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina, tenaga untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah.

Bagi orang-orang yang senang menyetir, khususnya untuk perjalanan jarak jauh, pisang mempunyai karbohidrat yang banyak sehingga dapat mengenyangkan perut. Karena buah ini mengandung vitamin C dan vitamin A, maka manfaatnya adalah tidak membuat kita mengantuk atau lelah selama perjalanan.

Pada saat kembung akibat terlambat makan, alangkah baik jika kita mengonsumsi terlebih dahulu buah pisang karena mudah dicerna dan diserap tubuh. Pisang juga cepat menetralkan keasaman lambung.

Pisang yang dicampur susu sangat baik dihidangkan sebagai obat. Pisang bisa menjadi obat untuk penyakit usus, sakit perut, dan asam lambung. Pisang juga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang ingin berbuka puasa atau terlambat makan karena buah ini mudah dicerna. Gula yang terdapat pada buah ini dapat cepat diubah menjadi zat tenaga yang baik.

Pisang yang matang sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan tenaga, stamina, juga gizi dan vitamin. Buah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat mineral, dan vitamin. Penderita anemia juga dianjurkan bersahabat dengan pisang, karena di dalamnya terdapat kandungan fe (zat besi) yang baik untuk darah.
Penderita diabetes dapat menyuguhkan pisang sebagai menu utama pengganti nasi. Pisang mengkal dikukus dan diserut kasar, kemudian diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain.

Diambil dari okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar