Sabtu, 02 April 2011

5 Siasat Sehat Kerja di Depan Komputer

Hayoo.... yang hobi lama-lama di depan kompi ataupun PC baca artikel berikut ini... Hihii..

BERADA di depan komputer terlalu lama memang melelahkan. Bukan hanya mata yang lelah, tapi juga sekujur badan terserang pegal-pegal. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Rutinitas yang melelahkan setiap harinya memang kerap melahirkan stres. Apalagi beban kerja yang ditanggung sangatlah berat dan menumpuk dari hari ke hari. Permasalahan ini tentu menimbulkan masalah bagi kesehatan kita.
Nah, jika Anda termasuk yang terserang gangguan tersebut, ikuti lima tips berikut ini.

Faktor AC

Terlalu banyak tersengat dingin AC membuat Anda tubuh jadi tidak nyaman. Tak hanya itu kelembapan kulit dan rambut pun bakal terganggu. Jadi, jangan  pernah lupa untuk melembapkan kulit Anda setiap malam dan setelah mandi dengan hand body lotion. Sapuan hand body akan menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Nyeri

Duduk berlama-lama di kursi dengan posisi yang tidak baik membuat kelengkungan tulang belakang jadi tidak selaras sehingga dapat menyebabkan masalah degeneratif, seperti cervical spondylosis dan lumber spondylosis, kata Dr Seema Nadkarni, fisioterapis.

Akibatnya, kebiasaan ini pun dapat menyebabkan nyeri pada leher dan sakit punggung. Jadi, pastikan kursi Anda mendukung punggung dan paha agar bisa sejajar dengan tanah ketika Anda duduk. Kursi yang terlalu tinggi hanya menyebabkan punggung keseleo.


Ancaman mouse

Untuk menghindari keseleo di lengan dan leher pastikan mouse Anda tidak ditempatkan terlalu jauh dari tubuh Anda. Pastikan jarak keberadaan mouse dan tangan Anda berada dalam batas yang aman sehingga memudahkan Anda untuk mengerakkannya.

Monitor yang salah

“Sindrom lelah pada mata terjadi karena silau yang mamancar terlalu cerah. Padahal kebiasaan ini sangat berbahaya untuk indera penglihatan Anda. Sayangnya fenomena umum ini sudah lazim di kantor-kantor. Orang yang bekerja tanpa layar anti silau pada monitornya akan menyebabkan otot sekitar mata tegang,” kata Dr Jetish Shetty, dokter kulit dan kosmetik. Jadi tak ada salahnya menggunakan perangkat antisilau sebagai perisai mata Anda.

Istirahat sejenak

Agar radiasi komputer tidak terlalu parah menyilau ke mata, Jetish menyarankan untuk memberikan waktu bagi mata Anda bersantai sementara waktu. Caranya, gosokkan telapak tangan Anda dan kemudian tekan ringan menutup mata. Cara ini akan membuat penghilatan Anda lebih jernih.

sumber: Dwi Indah Nurcahyani - Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar