Jumat, 25 Februari 2011

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka jamu kunyit asam? Sebaiknya pikir dua kali untuk membenci minuman yang satu ini, karena manfaat jamu kunyit asam ternyata begitu beragam. Warna jamu ini cenderung orange gelap dengan bau menyengat yang khas.

Bahan dan Pembuatan Jamu Kunyit Asam

Sesuai namanya, jamu yang satu ini memiliki bahan utama berupa rimpang kunyit dan buah asam, biasanya juga ditambah dengan daun sinom (daun asam jawa) yang masih muda.
Cara membuat jamu ini cukup mudah. Anda tinggal siapkan bahan-bahannya, bersihkan, lalu hancurkan dengan cara ditumbuk (kalau malas menumbuk, Anda bisa memakai blender). Setelah agak halus, campurkan air panas dan rebus sampai beberapa saat.
Setelah direbus sebentar, ramuan jamu kunyit asam ini didiamkan sebentar agar suhu panasnya menurun, barulah disaring dengan kain saring. Air hasil saringan ini kemudian ditambah pemanis seperti gula aren agar rasanya lebih enak (gula ini juga bisa ditambahkan pada saat ramuan jamu direbus).
Kandungan Jamu Kunyit Asam
Manfaat jamu kunyit asam yang sangat beragam disebabkan oleh kandungan dari jamu atau bahan jamu itu sendiri. Jamu ini mengandung zat kurkumin yang sangat tinggi (sebagai anti bakteri, anti radang, dan anti oksidan).
Selain itu jamu kunyit asam juga mengandung vitamin C, minyak atsiri, protein, karbohidrat, dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.
Manfaat Jamu Kunyit Asam
  • Jamu kunyit asam ini bisa melancarkan datang bulan bagi wanita sekaligus menguranyi nyeri haid. Saat ini, sudah banyak beredar produk-produk minuman kunyit asam buatan pabrik yang memang diperuntukkan bagi wanita.
  • Selain problem datang bulan, jamu ini juga baik untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita.
  • Karena memiliki kandungan vitamin C, manfaat jamu kunyit asam ini juga sebagai minuman penghindar sariawan dan panas dalam. Vitamin C yang dikandungnya juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.
  • Jamu kunyit asam ini kaya akan kurkumin yang berperan sebagai anti bakteri, anti radang, atau anti oksidan. Zat kurkumin ini sangatlah berguna bagi tubuh untuk menurunkan resiko terkena berbagai penyakit, misalnya kanker.
  • Meminum jamu kunyit asam secara rutin bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti gangguan ginjal atau disentri.
Itulah beberapa manfaat jamu kunyit asam yang patut Anda ketahui. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menyukai minuman jamu yang satu ini. Rasanya menyegarkan dan penuh manfaat.

sumber :http://www.anneahira.com/manfaat-jamu-kunyit-asam.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar